TeknoPlace.Com - 

Jelek banget dan jadul, memang. Pertama lihat headphone ini rasanya kayak lihat headphone buatan anak SMK yang tidak lulus sekolah 5 tahun. Tapi boleh percaya atau nggak, review dimana-mana ini headphone dapat nilai 9 keatas dari total 10. Wow. Tapi tunggu dulu seperti biasa semua headphone ada pencocokannya sendiri. Seperti apa musik yang Anda dengarkan, headphone juga harus disesuaikan dengan kebutuhan musik Anda.

Nah Grado Labs SR60e ini mempunyai karakteristik open back atau open air, artinya suaranya bocor keluar, berbeda dengan headphone yang closed dimana suara tidak berubah jika Anda tutup kedua bulatan headphone dengan kedua telapak tangan Anda, sistem open back akan menghilangkan suara jika ditutup dengan kedua telapak tangan Anda.

Kenapa open air dipilih oleh Grado? Menurut Grado sistem ini adalah sistem terbaik untuk
mendengarkan kualitas audio, terutama suara vokal penyanyi, jika Anda pakai sistem ini maka rasanya seperti Anda mendengar lagu secara live, seperti penyanyi ada di depan Anda. Jarak suara gitar terasa begitu natural, dan bahkan lagu dengan mayoritas berinstrumen gitar seperti dipetik di depan Anda. Wuih, lebay banget ya Grado. Tapi memang demikian loh.

Supaya lebih memahami merk Grado Labs, coba Anda lihat kembali sejarahnya yang sudah didirikan sejak 1953 di Brooklyn, NY. Kini bisnis grado sudah dijalankan 3 generasi dan mereka punya 48 hak patent dan kabarnya mereka tidak pernah memasang iklan tapi penjualannya melalui mulut ke mulut. Menariknya lagi pabrik Grado hanya ada di Brooklyn NY, jadi jika Anda membeli produk ini, maka Anda akan mendapatkan tulisan Handmade in Brooklyn NY, ternyata masih ada juga barang yang bukan Made in China :)

Ingin lihat keseriusan headphone ini? Mudah, lihat saja kabelnya! Headphone portable tapi pakai kabel seperti kabel home theater. Nanti bisa dibandingkan dengan kabel yang dipakai Beyerdynamics DTX510p dibagian foto dibawah ini. Sebelum itu patut kita lihat kedua sisi baik dan buruk headphone ini. Keunggulannya:
- Kualitas suara detail dan jernih
- Meski modelnya jelek tapi yang suka barang retro bakal suka karena mirip tampilan tutup telinga para pilot tempur jaman perang dunia.
- Berbahan plastic polycarbonate model baru yang bertujuan menghasilkan pantulan yang maksimal
- Merk Grado terkenal dengan nilai historis dan jarang revisi model/suara seperti brand lain, model ini kabarnya sudah bertahan 60 tahun loh :)
- Kabel yang besar sebagai penghantar yang baik dibanding level sejenis
- Menganut sistem open air/back yang menghasilkan suara natural, seperti pada lagu oldies Van Morrison juga terdengar sangat natural
- Bagian band dan extension saya suka banget karena mengingatkan model kuno headphone sony waktu masih jaman walkman.
- Masih bisa dipakai buat olahraga di jalanan karena Anda masih bisa mendengar suara luar (jika suara musik tak terlalu keras), jangan sampai Anda celaka karena ada headphone yang menghilangkan suara sekitar saat dipakai.
- Sparepart seperti busa tersedia, untuk pemakaian jangka panjang cukup aman.
.
Sisi kelemahannya:
- Kabel terlalu panjang, sehingga buat dibawa-bawa perlu diikat
- Sifat open air, orang lain bisa mendengar lagu Anda jika cukup dekat dengan Anda (dengan setel volume keras)
- Tak mudah dimasukkan ke tas karena tidak bisa dilipat kecil, hanya mangkuknya yang bisa diputar
- Bahan plastik lumayan terasa, namun efek positifnya dengan pemakaian plastik adalah jadi ringan, pemakaian lama tidak secapek yang pakai kayu/besi.
.
Berikut foto-foto Grado Labs SR60e:


Datang paket Grado Labs SR60e

Kotak SR60e

Grado Prestige Series Model SR60e

Handmade in Brooklyn

60 tahun memproduksi perangkat audio

Kota tampak samping

Mengiris segel

Unboxing, disambut surat dari keluarga Grado

Manual dan warranty tercetak di kotak

Surat dari keluarga Grado

Headphonenya

Warranty juga tercetak di kotak

Mari kita lihat headphonenya

Kabel besar

Perbandingan Grado SR60e dengan Beyerdynamics DTX510p

Perbedaan kabel Grado SR60e dengan Beyerdynamics DTX510p

Perbedaan kabel Grado SR60e dengan Beyerdynamics DTX510p

Bagian Y 

Colokan audio Grado SR60e dengan Beyerdynamics DTX510p

Colokan audio Grado SR60e dengan Beyerdynamics DTX510p

Ear cups

Ear cups

Ear cups L

Tangkai pengatur panjang headband

Bagian kanan

Juga ada tangkai pengatur

Headband

Busa

Busa tampak samping

Tampak samping

Sebelum menarik tangkai

Tangkai sesudah ditarik

Kabel di masing-masing cups

Adapter 6.3mm

Posisi saat terpasang di kepala

Posisi saat terpasang di kepala

Posisi saat terpasang di kepala

Posisi saat terpasang di kepala

Pengujian dengan MP3 Hippo Biscuit

Pengujian dengan MP3 Hippo Biscuit

Bagian dalam cups bisa diintip

Bagian dalam cups bisa diintip

Bagian dalam cups bisa diintip

Bagaimana handmade Grado dibuat
Mesin cetak Grado

Kesimpulan:
Apakah Anda penikmat audio yang penuh cita rasa ataukah Anda hanya penikmat musik asal bunyi? Grado SR60e bisa menjawab kebutuhan Anda.
Suara mengalun dengan indah, sebagaimana seharusnya musik itu menyentuh hati pendengarnya. Grado menciptakan suara dengan kondisi natural, dengan teknologi open air seperti Anda mendengar suara musik live sebenarnya juga open air kan? Nah ini yang ingin disimulasikan Grado agar pendengar memperoleh hasil maksimal.
Harga mungkin relatif dimana kualitas yang diberikan nggak bohong, terbukti SR60e adalah headphone terlaris dari seluruh jajaran produk Grado.
Tidak ada review baik selain Anda mendengarnya sendiri, silakan kunjungi toko terdekat Anda dan rasakan suara vokal Andrea Bocelli bak nyanyi di depan Anda.
.
Spesifikasi & Harga:
.
My other posts:




Poskan Komentar Blogger

 
Top