TeknoPlace.Com - Vendor komputer lokal Axioo telah memperkenalkan Smartphone Axioo baru yang di beri nama Axioo PicoPhone M4P yang mempunyai spek diatas rata rata pada umumnya. Axioo Picophone M4P menggunakan Ram sebesar 2GB dengan dukungan Chipset Spreadtrum SC7731, Quad Core berkecepatan 1.3GHz dengan basic Arm CortexTM-A7. Internal memory nya pun sudah menggunakan memory sebesar 16Gb dengan bonus Sdcard sebesar 16GB. Jadi pengguna akan mendapatkan jumlah total memory sebesar 32GB . Saat buka Box memory internal yang bisa digunakan sebesar 12.4 GB sedangkan memory card bawaan 15.04GB.

Internal Memory

MicroSD 16GB

Seri Prosesor ini sama seperti yang digunakan pada smartphone low end Samsung. Ingin tahu seberapa banyak fitur dan spesifikasi lengkapnya simak review dari teknoplace kali ini yang telah mendapatkan unit resminya. Untuk Spesifikasi Teknis dari Web Resmi Axioo silahkan cek disini.
Bila dibandingkan dengan kompetitor lain maka beberapa produk yang mempunyai harga dan spesifikasi setara ada sebagai berikut:


Dari table diatas Axioo M4P unggul dalam harga spesifikasi , Ram dan Internal Memory yang lega tapi semua ketentuan itu kembali ke pengguna mana yang dianggaps sesuai kebutuhan pada umumnya.
Unboxing
Kelengkapan smartphone seperti pada umumnya yaitu Handset , Charger , Battery , Earphone , kartu garansi , kabel USB.

Menu Aplikasi
Menu aplikasi bawaan Axioo PicoPhone M4P termasuk Radio FM yang hanya bisa dipakai bila kita menancapkan headset sebagai antenna. Selain itu menu setting seperi smartphone pada umumnya namun tampilannya lebih mirip seperti Android di perangkat Nexus karena tidak ada kostumisasi yang berlebih. Dibagian Security setting kita hanya bisa menggunakan kunci lockscreen berupa Swipe , Pattern , Pin dan Password.
User Interface
User Interface Axioo Picophone M4P terlihat seperti Android Vanila murni 5.1 hanya sedikit berbeda pada bagian App drawer , ikon aplikasi juga terlihat sama seperti perangkat Nexus karena tidak ada custom di tampilan ikon nya danlengkap dengan deretan menu aplikasi dari Google Apps.

                     
                       

                    

Display Layar

Layar Axioo PicoPhone M4P dibekali oleh LCD IPS 5 Inch dengan kerapatan layar 301 ppi yang cukup nyaman di mata , view angle nya juga bagus dan dapat dilihat jelas dari samping , bawah dan miring dengan jelas. Layar sentuhnya hanya mendukung 2 Titik sentuh jadi tidak dapat digunakan untuk games yang membutuhkan lebih dari 2 titik sentuh misalnya games alat musik , dan games lainnya yang membutuhkan akses lebih dari 2 titik sentuh. 
Untuk display pada saat browsing cukup nyaman dengan besar layar 5 Inch  dan dilengkapi dengan pengaturan brightness otomatis yang dapat menyesuaikan menurut lingkungan sekitar. Fitur ini dapat membantu saat kondisi gelap dan siang. Layar akan otomatis mengatur kecerahan sesuai kondisi cahaya sekitar.




Mutitouch dengan 2 Titik Sentuh
Design dan Build Quality

Axioo PicoPhone M4P menggunakan layar 5 Inch dengan resolusi 720p cukup nyaman untuk dilihat dan tidak terlalu besar untuk di pegang.Warna yang kami review ini adalah warna Rosegold yang terlihat cantik seperti pada iPhone 6s.
Bagian belakang Casing belakang terbuat dari plastik  dengan texture berserat kulit jeruk sehingga tidak licin, texture belakangnya mengingatkan kita pada Samsung Galaxy S5 yang hampir sama dengan texture PicoPhone M4P. Penempatan Simcard dan MicroSD dibuat 2 tingkatan berbeda yaitu atas dan bawah. Bagian atas dibagi 2 kiri untuk Simcard Micro dan bagian kanan untuk slot MicroSD. Sedangkan tingkat bawah hanya ada 1 slot Simcard berukuran standart. Sebelum memasukkan Simcard dan slot MicroSD pastikan memasang yang benar seperti tata letak pada gambar di dekat slot tersebut.
Tampak bagian atas cukup simple hanya port Micro USB dan  Jack Audio ukuran standart smartphone pada umumnya. Bagian kiri terlihat hanya tombol Volume Plus dan Minus , sedangkan kanan hanya ada tombol Power. Bagian bawah perangkat ini tidak ada karena terlihat kosong. Bagian sudutnya tidak berbentuk kotak tapi lebih membulat dengan lengkungan yang elegent.

Perbandingan dimensi dan fisik Axioo PicoPhone M4P ( Atas ) dengan layar 5 Inch dan Xiaomi Redmi 1s ( Bawah  )dengan dimensi layar 4,7 Inch.
Performa
Dengan menggunakan ram 2GB dipastikan perangkat ini cukup cepat untuk kebutuhan multitasking. Review Unit kami menggunakan 21 aplikasi yang terinstall dari playstore  dan  4 Games yaitu Angrybirs Rio , Candy Crush Saga  , Temple Run 2 , Subway Surf. Semua games dapat dijalan kan dengan lancar dan penggunaan ram rata rata masih dibawah 1GB. jadi kami lebih banyak mendapatkan fre ram sebesar 1GB keatas.

Free Ram Standby 
Free Ram Games 
Pada Screenshoot kiri jumlah free ram dalam keadaan standby adalah sekitar 1.3- 1,5 GB sedangkan bagian kanan menjalankan beberapa games dan di pause sementara di background dengan free ram 1GB. Beberapa Games Ringan 
Subway Surf 

Temple Run 2

Pengujian aplikasi Benchmark
Pengujian 3 kali menggunakan aplikasi Quadrant benchmark menghasilkan score 4686 , 4712 dan 5182 jadi didapat rata rata score 4860. Sedangkan pengujian 3 kali menggunakan Antutu mendapatkan score 20381 , 20634 dan 20701 dengan rata rata nilai score antutu sebesar 20572. Nilai benchmark tersebut hampir sama dan tidak berbeda jauh dengan Xiaomi Redmi 1s dan Redmi 2 yang berada di score 21000.



GPS Test

Axioo PicoPhone M4P dibekali dengan GPS terintegrasi untuk bernavigasi dimana saja , GPS dapat di integrasikan dengan A GPS yang artinya selain menangkap GPS melalui satelit perangkat ini juga dapat digabungkan dengan koneksi A GPS yang membutuhkan koneksi internet dan BTS dari operator, gabungan ini membuat perangkat Axioo PicoPhone M4P dapat menerima sinyal GPS dan juga untuk mengetahui dimana posisi kita saat ini, Fungsi ini sangat berguna bila kita sering travelling dan tidak mengetahui jalan jalan disekitar kota yang kita singgahi. Hasil Uji coba GPS , perangkat ini cukup cepat untuk mengunci posisi GPS diluar ruangan terbuka yang membutuhkan waktu 11- 31 detik , sedangkan untuk didalam ruangan tertutup GPS pada perangkat ini cukup lama untuk mengunci GPS dengan waktu antara 240 - 480 detik.
Kamera

Axioo PicoPhone M4P menggunakan kamera beresolusi 8MP bagian belakang dan 5MP pada bagian depan kedua kamera menggunakan lensa dengan aparture f/2.8. Hasil Foto dapat disimpan secara default di external momory melalui setting yang ada di kamera. Axioo PicoPhone M4P sanggup menghasilkan perekaman video 1080P pada kamera utama nya sedangkan kamera depan hanya sanggup di resolusi 480P saja. Terdapat beberapa fitur seperti Focus mode , Burst Shoot , Face Detection , Smile Shutter  ( Fitur ini berguna menjepret foto dengan cara senyuman ) perangkat ini cukup mendeteksi senyuman dengan baik, karena dengan sedikit senyuman kamera otomatis menjepret foto. Hasil rekaman video dapat dipilih antara format MPEG4 dan  H.264.
Hasil Foto Kamera Axioo PicoPhone M4P

Kamera Depan


Kamera Belakang
Contoh Sampel Kamera Belakang yang kami ambil di beberapa tempat dan dalam keadaan dan kondisi berbeda.

Test Games
Test games kali ini kami menggunakan 9 games yaitu  yaitu Angrybirs Rio , Candy Crush Saga , Real Racing 3 , Temple Run 2 , PES Club Manager, Fifa 15 , Goldfire High Setting , Subway Surf dan Vainglory . Keenam aplikasi games ini dapat dijalankan dengan baik, Karena memakai Ram 2GB maka aplikasi atau games pun dapat di pause dan berpindah cukup baik , sedikit jeda namun masih dalam tahap yang wajar.


Sensor  Axioo PicoPhone M4P
Sensor Axioo PicoPhone M4P hanya mempunyai 4 Jenis Sensor yaitu Accelorometer , Light Sensor , proximity , dan Sound Sensor. Untuk lebih jelasnya cek dibawah ini.

Daya Tahan Battery
Daya tahan battery tidak kami sertakan karena daya tahan battery setiap orang berbeda beda tergantung pemakaian namun untuk pemakaian normal Axioo Picophone M4P mampu bertahan 3/4 hari dengan koneksi 3G, bila digunakan dengan pemakaian berat bertahan 0,5 hari dengan asumsi bermain games dll. Daya tahan battery menurut kami masih wajar seperti kebanyakan smartphone android lainnya.

Kesimpulan

Point Plus
  • Warna Gold yang Menarik
  • Ram 2 GB sangat membantu untuk multitasking 
  • Semua Games HD lancar
  • Memory Internal 16GB + Bonus SDcard 16GB sangat lega
  • Layar Cukup lebar dengan besar 5 Inch
  • Dual Sim yang kedua nya bisa 3G
  • OS sudah menggunakan Android Lolipop 5.1 dengan UI terbaru
  • Daya Tahan Battery Cukup.
Point Minus
  • Kamera dibawah standart , Kondisi Low Light terlihat gelap
  • Sensor sangat minim tidak ada gyroscope
  • Keyboard sering mengalami Jeda saat mengetik , dan tidak dapat mengetik cepat
  • Mutitouch ( Titik Sentuh hanya 2 Point )
  • Belum Mendukung USB OTG
  • Bluetooth masih versi 2.1 . Belum mendukung 4.0 Low Energy
  • Belum 4G LTE
  • Tidak adanya Shortcut Untuk Multitasking , Jadi harus membuka di Daftar Menu.

Poskan Komentar Blogger

 
Top