TeknoPlace.Com - Axioo Picophone i1 merupakan smartphone pertama dari pabrikan vendor lokal Axioo yang menggunakan chipset intel atom terbaru besutan intel. Chipset intel ini telah teringrasi dengan System On Chip dengan istilah SOC dan telah terintegrasi dengan Modem 3G didalamnya. CPU Ini masih berbasis dualcore 1.04Ghz dan dukungan grafis Mali 400MP. Chipset intel tersebut juga telah ditanamkan modem 3G terbaru dan System navigasi GPS dan GLONASS receiver.
Axioo PicoPhone i1 menggunakan layar 5 Inch didukung dengan  Ram 1GB  serta Internal memory internal sebesar 8GB yang mendukung slot MicroSD hingga 32GB.

Spesifikasi

Spesifikasi 2

System Operasi nya masih menggunakan OS Android  4.4.4 dan akan di upgrade Android Lolipop 5.1 dikemudian hari. Karena menggunakan Chipset Intel Sofia 3G dengan arsitektur x86 dan satu satunya di Indonesia maka kita belum bisa membandingkan smartphone sejenis yang menggunakan chipset yang sama.Tapi kita bisa bandingkan menurut spesifikasi yang sama serta di rentan harga yang sama.

Axioo PicoPhone i1 dijual dengan harga resmi Rp 1.199.000 lebih murah dari Axioo Picophone M4P yang kita bahas beberapa hari lalu. Untuk menyimak lebih lanjut tentang smartphone ini mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya.

Unboxing 

Axioo PicoPhone i1 dibungkus dengan box warna biru dengan kelengkapan yang sama dengan smartphone pada umumnya seperti Charger Output 5v -1A , Kabel USB terpisah , Battery 2100 mAH , Kartu garansi dan Headset  resmi.
Box Warna Biru

Kelengkapan
Menu Aplikasi dan UI

Axioo PicoPhone i1 membawa antar muka custom sendiri dengan berbasis Android Kitkat 4.4 yang rencananya akan dijanjikan untuk mendapatkan update OS Lolipop di kemudian hari. Atar muka UI nya mirip dengan UI lenovo seri Low end seperti Lenovo Seri A. Ke dua slot simcard mendukung untuk koneksi data HSDPA , pengguna tinggal memilih koneksi data HSPDA di salah satu slot simcardnya.
Home Screen

Menu Aplikasi

Menu Aplikasi 2
Pull Down Notification

Pull Down Menu Shortcut


Menu Pesan

Tulis Pesan Baru
Phone Dialer

Menu Aplikasi Setting dan pengaturan berbagai smartphone ini anda dapat melihat pada slide dibawah ini yang juga pengaturan simcard dan display.



Storage Penyimpanan

Storage kapasitas total Axioo PicoPhone i1 menggunakan 8GB , karena terpotong penggunaan OS yang memakan hampir separuhnya maka sisa memory internal yang bisa dipakai saat buka box baru adalah 3.03 GB. Bila penyimpanan tersebut kurang anda bisa menggunakan slot MicroSD yang mendukung hingga 32GB. Untuk mendukung transfer antar file dari  komputer ke smartphone ini pengguna juga bisa menggunakan USB OTG yang telah mendukung untuk perangkat ini.

Memory Internal
Test USB OTG

Build Quality dan Desain

Desain Axioo PicoPhone i1 terlihat kotak dengan sudut sedikit membulat , material casing belakang terbuat dari plastik dengan warna doff. Bila dipegang cukup banyak meninggalkan sidik jari. Setelah beberapa hari digunakan kami melihat beberapa bekas sidik jari. Dibagian kamera desain nya terlihat sedikit menonjol keluar ,  kamera depan berada di sebelah kanan ear speaker sedangkan led notifikasi berada di sebelah kiri speaker depan ( Ear Speaker ). Bagian Soft Button mempunyai 3 tombol shortcut dari kiri tombol Option , tengah tombol Home  dan bagian kanan tombol Back.


Kita beralih ke bagian desain sampingnya yang menempatkan tombol volume + / - dibagian samping kanan, bagian sisi atas hanya terdapat port audio 3.5mm , samping bawah hanya terdapat port micro usb sedangkan bagian samping kiri hanya polos tanpa adanya tombol fisik.

Display Dan Layar Sentuh


Axioo PicoPhone i1 menggunakan layar berteknologi HD IPS beresolusi 1280 x 720 Pixel sehingga pandangan dapat dilihat dengan jelas dari angle manapun. Perangkat ini menggunakan besar layar 5 Inch dengan titik sentuh mencapai 5 Point  sehingga dapat berguna untuk bermain games yang membutuhkan titik sentuh lebih dari 2 point. Resolusi 1280 x 720 Pixel menghasilkan kepadatan layar yang mencapai resolusi 293.72 ppi.


Sedangkan untuk display view angle nya perangkat ini dapat dilihat pada gambar melalui hasil test foto dari berbagai arah

Perbandingan Dengan Axioo M4P

View Angle 1

View Angle 2

View Angle 3

View Angle 4
Test GPS

Chipet Intel Sofia 3G ini juga telah terintegrasi dengan GPS dan GLONASS receiver maka bisa dipastikan kemampuan chipset ini juga akan sangat baik menerima signal posisi gps via satelit. Saat berada di dalam ruangan Axioo PicoPhone i1 membutuhkan waktu 20 - 40 detik untuk mengunci gps location sedangkan pada waktu ditest di area terbuka maka gps akan mengunci dengan cepat antara 4 - 10 detik saja.
Untuk mengecek kemampuan seberapa waktu yang dibutuhkan untuk lock posisi mari kita lihat ScreenShoot dibawah ini.

Performa

Dengan menggunakan berbasis chipset Intel x86 Sofia mungkin ada kelemahannya yaitu perangkat akan cepat panas terutama saat bermain games. Saat ini kami menginstall 14 aplikasi aktif dari Playstore dan hasilnya saat untuk navigasi terutama scroll up dan scrool down kadang sedikit mengalami lag tetapi lag ini hanya ditemui kadang kadang saja. Sedangkan untuk  multitasking dengan beberapa aplikasi dan games di pause sementara mengalami lag dan jeda beberapa detik.

Free Ram

Recent Apps
Saat di test dengan video FullHD Fast2Furious dengan format .mkv berukuran 600MB perangkat Axioo PicoPhone i1 mengalami sedikit patah patah tidak dapat memutar dengan mulus. Sebagai perbandingan Xiomi Redmi 1s dengan file video yang sama mampu diputar berjalan mulus tanpa patah patah.



Benchmark Antutu dan Quadrant Standart

Hasil uji Benchmark Antutu 2x dan Quadrant Standart 3x menunjukkan score yaitu 11621 , 11262 untuk Antutu dan 3868 , 4020 , 3988  untuk score Quadrant Standart.Untuk lebih jelasnya  Lihat Screenshoot dibawah ini.

Test Kamera

Axioo PicoPhone i1 Dibekali kamera utama dengan resolusi 8MP dan aparture f/2.4 sedagkan kamera depan menggunakan resolusi 5MP dan aparture f/2.4. Kamera Axioo PicoPhone i1 hanya mendukung perekaman video 720p baik untuk kamera depan ataupun belakang
Sample kamera belakang
Outdoor 1

Outdoor 2

With Flash Indoor

Non Flash Indoor
Outdoor 3
Indoor Kurang Cahaya Non Flash

Indoor Kurang Cahaya With Flash

Menu Kamera dan Test Kamera Depan

Pada Mode Video perangkat ini dapat juga digunakan untuk menjepret foto jadi saat perekaman video dijalankan tombol shortcut kamera akan aktif dan sekaligus dapat digunakan mengambil foto bersamaan dengan perekaman video.







Test Sampel Kamera Depan

Test Axioo PicoPhone i1 kamera depan dapat dilihat pada sampel dibawah ini dengan 3 objek yang berbeda.

Kondisi Kurang Cahaya

Kondisi Indoor Cukup Cahaya

Kondisi Indoor Cukup Cahaya 2

Perbandingan Foto Malam Axioo PicoPhone i1 ( f/2.4 ) Atas dan Xiaomi Redmi 1s ( f/2.2 ) Bawah





Test Games

Axioo PicoPhone i1 masih mengandalkan GPU Mali MP 400P mungkin agak kerepotan untuk Games HD karena hanya mempunyai Ram sebesar 1GB. Tapi beberapa games masih dapat di mainkan dengan lancar. Namun lag dialami saat memainkam games HD berukuran lebih dari 1GB.

Games Samurai II Vengeance Lancar

Games Samurai II Vengeance Lancar

Subway Surf Lancar

Subway Surf Lancar
Wild Blood Sedikit Lag

Wild Blood Sedikit Lag

Sensor

Axioo PicoPhone i1 hanya dibekali beberapa sensor yang dibenamkan dalam perangkat ini , padahal kebutuhan games dan aplikasi saat ini semakin luas dan membutuhkan perangkat yang sesuai kebutuhan. Cek Sensor yang tersedia dibawah ini. Yang ditandai merah berarti tidak tersedia untuk jenis sensor tersebut.


Battery

Kemampuan battery  Axioo PicoPhone i1  standart dalam artian dalam kondisi koneksi data on 3G smartphone ini mampu untuk bertahan 3/4 hari dengan pemakaian normal dan 4 -5 Jam pemakaian berat. Namun kondisi pemakaian setiap orang mungkin berbeda karena kebutuhan aplikasi dan pemakaian pun berbeda pula maka performa battery masih dalam tahap wajar.

Kesimpulan

Axioo PicoPhone i1 mempunyai nilai yang valuable dengan harga dibawah 1.5 Juta sudah mendapatkan smartphone dengan layar besar 5 Inch dengan resolusi 720p , Chipset terbaru Intel Sofia 3G SOC .  GPS dengan inregrasi chip cukup baik, Desain cukup bagus. Pun demikian bukan berarti Axioo PicoPhone i1 tidak punya kelemahan.

Kelebihan
  • Harga dibawah 1,5 juta Rupiah
  • Layar besar dengan 5 Inch HD IPS resolusi 720p
  • Memakai Chipset Intel Sofia terbaru
  • GPS Cukup Cepat untuk mengunci posisi
  • Kamera Cukup bagus pada Low Light dengan hasil natural
  • Mendukung USB OTG
  • Mendukung penggunaan Bluetooth v4.0 Low Energy
Kekurangan
  • Sensor terbatas hanya 4 jenis sensor
  • Casing plastic dengan warna doff sidik jari mudah menempel
  • Internal memory hanya tersedia 4 GB
  • Performa masih terasa kurang mulus , lag tetap terjadi
  • Memutar Video FullHD dengan format mkv terasa patah patah
  • Terasa panas saat bermain games

Posting Komentar Blogger

 
Top