TeknoPlace.Com - Hati hati untuk para pengguna Android Lolipop 5.1 dikarenakan ada celah yang bisa di bobol pada bagian lockscreennya. Orang yang tidak bertanggung jawab dapat mencuri data yang anda miliki dengan menembus metode lockscreen. Beberapa waktu lalu Apple iPhone juga mengalami serupa yang dapat ditembus system lockscreen nya sehingga pengguna lain bisa masuk melewati lockscreen ini.
Lockscreen pada Android Lolipop hanya bermasalah jika anda menggunakan metode lockscreen dengan password ( Kombinasi ), untuk metode Pattern ( Gesture Swipe ) dan PIN ( Angka ) dilaporkan masih aman dari celah ini. Untuk membobol lockscreen dengan metode password sangat mudah yaitu dengan mengakses kamera dan masuk menu setting kamera, bila tidak ada celah otomatis bila masuk ke menu setting kamera maka system akan meminta password terlebih dahulu.Untuk membobolnya ketik sebanyak mungkin rangkaian password kata atau huruf pada kolom kotak password sampai  lockscreen tersebut mengalamai crash maka setelah crash atau force stop akan kembali ke menu kamera dan tunggu beberapa saat maka kamera juga akan crash dan kembali ke halaman menu homescreen smartphone anda , sampai langkah ini anda sudah melewati kode lockscreen nya.Jadi pengguna diharapkan hati hati bila menggunakan lockscreen dengan metode password dan alangkah baiknya update system terbaru dari vendor untuk menghindari bug atau celah keamanannya.

Celah keamanan ini telah diperbaiki oleh Google satu minggu yang lalu dengan merilis patch update "LMY48M"  untuk perangkat Nexus 4,5,7,9 dan 10 yang menjalankan OS Android Lolipop 5.1.1. Tidak menutup kemungkinan bagi pemilik smartphone non Nexus akan mengalami celah serupa.

Poskan Komentar Blogger

 
Top