TeknoPlace.Com - Mendengar Merk Samsung dan Sony akan tahu di benak kita bahwa mereka adalah Perusahaan Elektronik dan Teknologi terbesar diDunia...Mundur dari Beberapa tahun lalu tepatnya tahun 1983 Samsung belum pernah mengerti dan bermain elektronik . Samsung Hanya lah Perusahaan Makanan khususnya Mie pada waktu itu. Dan Sony Telah memproduksi Elektronik pada waktu itu juga. Artinya Kita Berpikir Samsung tidak akan pernah menyamai teknologi dan keperkasaan Sony dalam membuat elektronik. 
Berbeda Perusahaan Sony , Perusahaan  Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940-an . Yang artinya Sony sudah lebih maju dalam bermain di dunia telekomunikasi dan memproduksi Alat rumah tangga Listrik pada waktu itu , Beda Dengan Samsung yg hanya memproduksi Makanan.
Pada 1988 Sony mulai merintis menjadi perusahaan Rekaman , Sony membeli CBS (Columbia) Records Group dan perusahaan AIWA untuk memperkuat bisnisnya. dan Sony juga memperkuat line bisnisnya dengan membuat media player dan media penyimpanan dalam bentuk kaset Betamax untuk melawan format VHS buatan JVC. Pada akhirnya, VHS mendapatkan tempat di pasaran luas dan menjadi standar dunia untuk pemutar kaset video rumahan dan Sony terpaksa mengalah.
Sony terus mencoba taktik yang sama dengan teknologi ciptaan mereka selanjutnya; misalnya format rekaman digital mereka, Minidisc didorong untuk menjadi pengganti kaset audio sementara saingannya memilih CD-R dan MP3. SOny semakin meraksasa pada waktu meproduksi TV Trinitron Colour pada tahun 1968 dan Walkman Personal Stereo (1979). sedangkan samsung mulai berbisnis elektronik dengan membentuk perusahaan Samsung Electronics pada 1969 di Daegu, Korea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988, perusahaan ini bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.

Ponsel Samsung Produksi Pertama Pic Taken by Samsung Blog

Sony dan Samsung semakin besar dengan terjun di dunia seluler , Sony merapat dengan joint venture dengan perusahaan Swedia Eryccsson dan Samsung  Pada tahun 1993, Samsung Mobile Phone merilis seri SH-700 ANyCALL yg berbetuk Flip. dan makin tahun makin di kembangkan..Sony juga semakin mengembangkan dan mendekati Erycsson untuk mengembangkan teknologi seluler hingga akhirnya menjadi merk Sony Ericsson.

Sony Ericsson merupakan perusahaan patungan yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 2001 oleh perusahaan elektronik Jepang Sony Corporation dan perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson untuk memproduksi ponsel. Alasan lain untuk usaha ini adalah untuk menggabungkan keahlian elektronik konsumen Sony Ericsson dengan pengetahuan teknologi di sektor komunikasi. 

Pada bulan Agustus 2001, kedua perusahaan (Sony dan Ericsson )telah merampungkan persyaratan merger mengumumkan pada bulan April. Perusahaan ini memiliki tenaga kerja awal 3.500 karyawan. Penggabungan kedua perusahaan tersebut tidak berjalan mulus, pangsa pasar Ericsson benar-benar jatuh dan pada bulan Agustus 2002, Ericsson mengatakan akan berhenti membuat ponsel dan mengakhiri kemitraan dengan Sony jika bisnis terus mengecewakan Namun, pada Januari 2003, kedua perusahaan mengatakan mereka akan menyuntikkan lebih banyak uang ke joint venture dalam tawaran untuk membendung kerugian. 
Sony Ericsson Cyber-shot, diluncurkan pada tahun 2006 dalam model-model terbaru dari ponsel seri K. Rentang ponsel ini difokuskan pada kualitas kamera yang disertakan dengan telepon. Cyber-shot telepon selalu menyertakan flash, beberapa dengan xenon flash, dan juga termasuk kamera auto-focus. Sony Ericsson menggebrak kampanye pemasaran global untuk ponsel Cyber-shot n C702, C902 dan telepon C905. Model terbaru, S003, yang diluncurkan pada 2010 untuk pasar Jepang saja. Sony dan Samsung memproduksi pertama ponsel dengan sistem operasi Java dan selanjutnya Symbian dengan Seri  P series nya.

Samsung kala itu masih bermain di Ponsel dengan sistem Java dan Symbian denagn beberapa series, i300 (Palm OS) i300 (Windows Mobile) i330 i500 i550 i600 i607 (BlackJack) i617 (BlackJack II) i627 (Propel Pro) i637 (Jack) i667 (Focus 2) i700 i760 i770 i847 (Rugby Smart) i900 (Omnia).
Semenjak Google Merilis Android Diperkenalkan pertama Merk HTC pada tahun 2008 ( Untuk menyaingi iOS milik Apple iphone 2G)
Sony dengan Seri Xperia mini yang dilengkapi dengan papan tombol QWERTY. Dipasarkan pada tahun 2011. Seperti Xperia mini, Xperia mini pro dilengkapi dengan kamera 5 Megapiksel dan layar "Reality Display" dengan menggunakan teknologi Mobile Bravia Engine. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi audio xLOUD Experience dan mampu merekam video berformat definisi tinggi 720p.
Samsung masih merilis ponsel kelas bawah yg pada waktu tahun itu sudah dianggap canggih karena menggunakan Tekonologi Android Milik Google diantaranya adalah
 Kemudian Samsung merilis Samsung Galaxy S i9000 pada tahun 2010 karena Samsung saat itu sudah mampu memproduksi komponen2 pendukung komponen ponsel kala itu. dilanjutkan dengan merilis Samsung Galaxy S2 samsung mulai mendunia dengan kualitas ponsel tersebut sehingga Sony memaksa merilis Xperia Z untuk menyaingi Ponsel Samsung Galaxy S2. Samsung Galaxy telah lahir atas dasar OS dri Android Milik Google. Meski Galaxy s1, S2 dan Xperia Z Sama 2 menggunakan  OS Android , Samsung memiliki porsi lebih besar dalam pembuatan komponen beserta chip didalamnya. hampir 80% Sasmung memproduksi sendiri komponen ponsel tersebut berbeda dengan Sony yg hanya memproduksi hanya 50% sebagian komponen ponsel. Atas perkembangan pembuatan chip dan komponen sendiri, samsung membuat perusahaan yg khusus memproduksi Chipset dan layar yg digunakan untuk vendor elektronik manapun dan mulai menjual komponen tersebut kepada Apple dengan iPhone nya.. Yg menarik Samsung Semakin berkembang memproduksi elektronik nya termasuk TV . PC ,Ponsel yg kian meraksasa sehingga divisi mobile dipisahkan dengan nama Samsung Mobile Phone. Berbeda terbalik dengan Sony . Sony harus terpaksa menjual divisi TV dan PC VAIO karena yg kurang berkembang. 
Flasghip Terbaru dari Sony dan Samsung

Sony Semakin terpuruk karena penjualan Ponsel yg kurang memuaskan, Samsung dengan merilis Berbagai Type Ponsel Galaxy mengjungkalkan lawan lama nya yaitu Nokia. yg makin terpuruk hingga dijual kepada Microsoft. Sony merilis flagship Z1,Z2 ,Z3 series begitupun Samsung yg terus merilis Samsung Galaxy flagship S2,S3,S4,S5 dan terakhir S6 dengan berbagai inovasi yg semakin berkembang..Varian Galaxy S6 dan S6 edge nya dinilai berhasil membawa samsung masuk dalam Ponsel dengan Desain , Layar serta Kamera Terbaik.Dengan Galaxy S6 edge vendor lain blm bisa mengikuti kecanggihan layar Edge nya . Sementara Sony merilis Xperia Z3+ terbaru dengan Prosesor terkuat yaitu Snapdragon 810 yg akhirnya membawa Sony dalam masalah besar, Ponsel Flasgship terbarunya kian overheat karena bermasalah di Prosessor. Samsung dengan mendesain dan membuat prosesor chip terbaru 14nm yg dipakai di Galaxy S6 series melenggang dipasaran dan berhasil menyabet benhmark tertinggi untuk ponsel saat ini.

Hingga Akhirnya ini membuktikan Samsung perusahaan kemarin sore atas Sony yg  telah merilis perusahaan lebih lama di banding Samsung harus terpuruk saat ini karena penjualan ponsel masih kurang memuaskan . Akhirnya Sony mengurangi bberapa type ponsel dan berbisnis menjual komponen kamera pada vendor lain. Samsung akhirnya semakin maju dibidang komponen ponsel yg telah menjual dan memproduksi sendiri hampir 80% dari sebah ponsel..Samsung semakin berjaya dan meninggalkan vendor lain dibidang teknologi ponsel, TV dan beberapa komponen Ponsel itu sendiri. Akhirnya Nilai Perusahaan Samsung berjaya Jauh diatas dari Perusahaan Sony.

Update terbaru di tahun 2015 setelah pameran IFA 2015 berlangsung Sony langsung naik pamor dengan Smartphone pertama nya dengan layar resolusi tinggi 4K pertama di dunia sedangkan Samsung mempunyai andalah Galaxy S6 Edge+ dan galaxy Note 5 yang hanya sebatas 2K namun dengan teknologi layar yang tak kalah menarik dengan Edge melengkung ke samping yang mempunyai akses dengan fungsi tertentu sedangkan Note 5 dengan S Pen nya akan sangat berfungsi sebagai kelas enterprise yang tiada tandingan dibanding smartphone lainnya. 
Tampaknya dengan resolusi 4K yang dimiliki Xperia Z5 premium maka smartphone ini akan sangat menakjubkan saat kita bermain dengan teknologi Virtual reality didalamnya. Perlu kita ketahui bahwa semakin tinggi Resolusi yang ditawarkan akan sangat bagus pula dalam hal kenyamanan untuk bermain teknolgi VR ini. Teknologi ini mempunyai berbagai konten  seperti Video , Games dan Siaran langsung Live yang seolah kita sedang berada di acara tersebut. Namun dalam hal jumlah penjualan Samsung tampaknya lebih baik dengan membukukan keuangan yang fantastis dibanding Sony. Dengan semakin banyaknya teknologi canggih maka konsumen pun diuntungkan dengan perang harga dan promo dari vendor untuk mendapatkan harga murah dan lebih baik tentu itu kembali ke anda perangkat yang anda pilih sesuai dengan fungsi yang anda pakai.

Posting Komentar Blogger

 
Top