TeknoPlace.Com - 
7192330_20140930091342
Xiaomi adalah perusahaan baru dalam pasaran ponsel dunia, sepertinya perusahaan ini tidak main-main, entah kenapa tiap kali diadakan launching produk baru selalu habis, dalam hitungan jam, menit, detik diserbu bak produk gratisan :)

Kali ini kita ikutan mengujinya, dengan sedikit keberuntungan mengikuti preorder di Lazada Indonesia,
dimana dijual jam 11 siang, eh jam 11:15 sudah dinyatakan sold out, lalu 2 hari kemudian Xiaomi Redmi Note mendarat juga di pangkuan.
Kalau membeli ponsel pabrikan asal Cina kegelisahan saya yang selalu muncul pertama selalu ada 2: 1. Apakah layarnya bagus untuk ketik-ketik? Karena sering saya temukan spek bagus tapi layar bikin hipertensi, maka begitu saya nyalakan saya selalu coba dua hal yaitu ketik pakai keyboard dan cap jempol yaitu menempelkan jempol di layar dan melihat apakah layarnya gerak2 naik turun seperti hati ABG yang sedang galau menunggu jawaban (halah! kok jadi bahas ginian)….layar yang tidak konsisten maka Anda akan menghadapi mistypo. 2. Hal kedua adalah tingkat panas, mendengar prosesor MTK maka pikiranku sudah seperti berdiri siang hari di alun-alun kota tanpa pepohonan. Ini juga akan mengganggu kenyamanan Anda dalam pemakaian jangka panjang. Kebayang gak kalau punya pacar yang punya hati mudah panas, mana betah kan…
Oke, jawabannya gimana? Apakah redmi Note ini enak buat ngetik dan juga tidak mudah panas? Kita bahas setelah pesan-pesan berikut ini (lalu komersial)….eh gak lah kita bahas dibawah saja karena memang ada indikasi Redmi Note bermasalah dengan kedua hal diatas (dalam kondisi tertentu)
Pertama-tama saya bingung juga kenapa Xiaomi Redmi Note ada begitu banyak varian jika browsing di internet, ada versi China lah, ada versi yang Asia lah, ada WCDMA lah, ada 4G lah, ada Enhance lah, ada yang hanya 1/2GB RAM, ada 1GB dan ada 2GB RAM. Benar-benar pusing kalau ikut mempelajari spesifikasinya di internet. Tapi setelah dirangkum ternyata memang ada 3 varian Redmi Note:
1. Versi Redmi Note (saja) tanpa abal-abal. Ini diluncurkan yang paling pertama. Semua sama dengan versi Enhance tapi prosesor dan RAM kena sunat. Prosesor Octacore 1.4GHz dan RAM 1GB.
2. Versi Redmi Note Enhance. Sama dengan versi pertama tapi prosesornya kali ini Octacore 1.7GHz dan RAM 2GB.
3. Versi 4G (LTE). Yang beda adalah ini hanya Single SIM card, padahal no.1 & 2 Dual SIM card. Lalu Prosesornya Qualcomm bukan MTK tapi hanya Quadcore bukan Octacore dan clock pada 1.6GHz. GPU juga beda bukan Mali-450MP4 tapi Adreno 305. Lainnya relatif sama.
Dan versi apakah yang masuk resmi di negeri kita tercinta ini? Ternyata no.2. Baguslah karena orang kita lebih suka koleksi SIM card hahaha. Jadi versi enhanced prosesor 8 inti dan RAM sudah 2GB. Terdengar sempurna ya? Eits nanti dulu…bukan mantugaul kalau kita gak kupas-kupas kejelekannya.
Kemasan Redmi Note terkesan simple tapi lumayan eksklusif. Setelah unboxing dan coba-coba, produk ini termasuk elegan juga. Layarnya juga bagus.
Mari kita lihat nilai plusnya:
- Didukung prosesor octacore 1.7GHz Cortex A7 MT6592, emang elo ngerti angka-angka ini? Yang pasti kalau diartikan secara harafiah, prosesor gua 8 inti kayak mobil bisa dipacu sampai 8 gigi!
- GPU Mali-450MP
- Resolusi 1280×720 dengan ukuran layar 5.5″. Ini sama dengan ponsel yang saya pakai saat ini yaitu Samsung Galaxy Note 2, sama persis tapi bedanya ini bukan Super AMOLED tapi IPS.
- Dualsim dengan Slot 1 WCDMA (3G) dan Slot 2 (2G), ukurannya mini SIM semua jadi kagak perlu potong sana potong sini lagi.
- Layar belum Gorilla tapi anehnya kuat karena ada di youtube sampai orang cincang buah pakai pisau dapur diatas layarnya.
- Kamera 13 Mpix, foto outdoor termasuk lumayan. Kamera depan 5Mpix. Kurang apa lagi coba. Kurang gebetan >_<
- Kamera bisa baca QRcode, kalau ada QRcode di obyek akan muncul pop up kecil
- Launcher MIUI keren, sangat customizable dan tidak kaku.
- Ada FM radio dan suara musiknya jernih, saya tes dengan headphone BeyerDynamic DTX501P rasanya kayak punya hape Xiaomi, lah emang iya…tau gak bro, itu Radionya bisa jalan tanpa perlu colok headset. Nah kenapa merk lain harus pakai headset, penipuan massal yang dibongkar Xiaomi :)
- Support Micro SD hingga 32GB
- Baterai bisa copot, bayangin hape yang kagak bisa copot batere, pas batere soak bisa copot tuh jantung…
- Sensor lengkap, hape bagus sensor gyroscope biasanya disertakan, nah ini juga ada gyroscope, kompas, proximity, accelerometer, sensor cahaya, USB OTG. Yang kagak ada sensor barometer ama suhu, suhu? Elo cari hape apa pengukur demam?
- Layar bisa disentuh 10 titik
- Ada lampu indikator saat konek ke charger dan ada lampu merah 3 softkey. Jadi yang suka gelap2an kagak salah pencet softkey. Bisa diatur mau warna apa juga bisa (LED indicator lightnya bukan softkey light).
- BBM lancar sayang yang BBM saya kagak ada…
- Internal 8GB tanpa bagi2 partisi, banyak tuh pabrikan yang rada gaptek masih bagi2 storage antara system dan phone storage. Phone Storage totalnya 6.31GB. Sisanya kemana? Ya ke OS lah, gak ada OS elo bukan mainin hape tapi mainan bayi.
- OS MIUI yang didesain dengan banyak fitur dan rahasia yang mungkin gak kepikiran kok hape lain gak dibuat gitu ya…apa saja misalnya?
- Call dan SMS blocker built in, nah elo diteror sama dia lagi? Masukin aja ke blocker, bahkan gini loh misal ada yang suka SMS anda dengan kata “utang” ya udah filter aja kata utang maka no more SMS yang bikin gelisah wkwkwkw…caranya: masuk ke Messaging | Tekan softkey menu | Blocklist | Tekan tombol gerigi di kanan atas | Keyword Filter
- Di dalam menu yang sama diatas klik Ad blocker, itu semua iklan2 menjengkelkan bisa diblock…hape lain mana ada gini2, hayo hayo :)
- Di menu yang sama lagi klik Rules, nah disini kamu bisa tuh semisal block Private Number, itu tuh kalau telp kagak muncul nomornya atau bisa diatur hanya yang ada di phonebook bisa telepon masuk…nangis aja deh kalau kamu gak ada di phonebook gue :)
- Fitur lain adalah data usage limit, contohnya kayak gini nih, elo misalnya beli paket internet katanya 3GB sebulan kalau lewat bisa potong pulsa, nah elo aktifkan aja data usage. Ini mantep banget kalau elo fakir bandwith…ini elo  cukup masuk di aplikasi Security bawaan
- Pernah dengar juice defender gak, itu aplikasi yang buat hemat baterai semisal mematikan fitur2 yang makan banyak baterai. Nah di Redmi Note ini sudah built in, bahkan melebihi apa yang ditawarkan sama Juice Defender, semisal gue bisa atur pemakaian prosesor selalu High Performance tapi brightnessnya 15% lalu GPS harus off serta vibrate on tapi bluetooth tapi data on tapi wifi off tapi sync on tapi notification off…hah??? Serius bisa diatur sampai segitunya? Iya dong cing, Xiaomi gitu lohhhh…nah ini masuk di aplikasi Security bawaan
- Bisa juga gini nih bro namanya Schedule, jam 00:00 sampai jam 05:00 adalah waktu bobok, elo bukan drakula butuh bobok jangan mau diganggu hape saat jam tidur. Nah udah atur aja schedule jam berapa sampai jam berapa hape elo kayak masuk ke mode Airplane Mode…ini juga ada di bagian Security
- Ada permission, nah ini kasusnya beda lagi, semisal ini aplikasi Whatsapp selalu nyala sendiri kalau hape direstart/dinyalakan, padahal elo jarang pakai whatsapp, matikan aja auto start aplikasinya. Ini juga ada di bagian Security
- Masih di Permission, semisal ada aplikasi yang sok suka kirim-kirim SMS atau ada aplikasi yang sok suka nyalain bluetooth saat dijalankan, nah itu bisa dimatikan juga. Atau misal aplikasi Path kan suka tuh sok baca posisi GPS kita, nah itu bisa dimatikan tuh.
- Masih di Permission, Root access aja bisa dimatikan meskipun hape sudah di-root, nah ini bagus nih karena kabarnya root phone tidak menghanguskan garansi karena root bisa dimatikan. Tapi gak tahu juga karena saya tak berharap hapeku rusak :)
- Bro, kok hape gue lambat ya, teman jawab: “Virus kali”…wah seketika panik merebak, lalu gue musti instal apa dong bro, kok bisa kena virus sih? Teman jawab: elu sih suka buka website gituan… JEDAR…nah Xioami memahami perilaku maksiat semacam itu, makanya di aplikasi (lagi2) Security elo bisa scan antivirus lalu dikasih tahu aplikasi mana2 yang menyimpan virus maksiat itu…tinggal clean, dan hati pun lega…oya virus database diupdate rutin loh, dan jalan dibelakang gak perlu dilihatin…
- Bro, gua mau pindah2 kontak donk, gimana sih, kagak ada internet buat sync…nah ini kabar gembira karena Xiaomi ada ekstraknya…loh kok jadi kulit manggis (hadeh!) aktifkan saja contacts importer/exporter…ada tuh di aplikasi Contacts
- Cache cleaner secara keseluruhan, nah ini berguna banget bingit…kalau dah pakai aplikasi dalam jangka waktu tertentu makin lama maka data cache makin membesar sampai suatu ketika muncul bisul namanya Force Close…bisul itu gak enak apalagi tumbuhnya di pantat…duduk aja merana…nah diclean aja tuh cache sampai…seperti memory ingatan akan mantan, ngapain disimpan, udah move on aja…btw kalau ada aplikasi yang kagak mau diclean karena elo belum bisa move on, dimasukkan aja ke exception maka cache aplikasi bersangkutan gak bakal kena clean meski select all…
- Proxy compress, nah ini lanjutan dari si fakir bandwith, udah dikuotain sama perusahaan telco masak kita harus instal opera mini disaat teknologi sudah begitu maju…gak level gak level banget, nah ini elo aktifkan saja data saver dengan reduce data usage, nanti browsing2 bakal dikompress lalu gimana kalau ada aplikasi browser yang kagak mau elo kompres? Masukkan lagi di exception…semisal aplikasi Chrome selalu pakai mode data biasa tapi aplikasi Browser pakai compress mode…eh Facebook dll juga bisa dikompres loh…waduh bye bye fever bakal kagak laku nih (ga nyambung!)
- Bangga memang sifat manusia, punya teman pamer2 screenshot speedtest di sosmed? Sekalian aja pasang speed indicator di bar layar atas, permanen! Dan banggalah tiap kali screenshot nongol tuh speed indicator…
- Bro, gimana sih ubah tim, bagi tim donk. Tim apaan? Nasi tim? Ohhh theme alias tema…nah ini pemakai Xiaomi bisa bertingkah seperti ABG kembali, pakai tim yang ada logo love, love you lah, teddy bar lah, iconnya dimodifikasi seperti martabak kelindas angkot…Ada! Theme di Xiaomi koleksinya lebih banyak daripada koleksi majalah butut ortu.
- Penyesuaian tombol softkey, gini semisal elo tekan back sekali kan back 1 halaman kan…kalau tekan lama matikan aplikasi sedang jalan. Ini atur di setting Buttons
- Saat lockscreen bisa diatur lagi mau nyalakan kamera dengan cara tekan dan tahan lama2 tombol back. Bisa! Atau nyalakan hape dengan tombol volume. Ini juga bisa. Saat lockscreen tahan tombol home, senter nyala!
- Waduh mau pindahin data ke laptop tapi lupa bawa kabel. Masuk ke Explorer lalu jalankan ftp dan akan muncul alamat ftp://192.168.1.5:2121 masukkan aja di Windows Explorer bar maka isi hape langsung nongol seperti terbaca dengan kabel.
- Dan semua fitur begini bisa didapatkan resmi di harga Rp1.999.000, notiau kurang ceceng.
.
Tapi ada minusnya juga, kayak pepatah bilang gak ada gading gak retak:
- Ketipu nih sama nama Note, Note sudah patennya Samsung, namanya Note ya kudu musti ada pen stylusnya, saya cari2 kagak ada tuh pen stylusnya (maksa dikit gpp donk)
- Pengisian baterai termasuk lama, sebaiknya charge saat bobok, kagak perlu tunggu habis baru dicharge kok
- Layarnya tak konsisten saat dipakai sambil charge, sepertinya ini masalah di charger juga.
- Layar juga tak konsisten (loncat2) saat mulai menggunakan 6 titik keatas. Paling aman 5 titik lah, lagian mau sentuh 10 titik lalu siapa yang pegangin hapenya?
- Body kadang terasa hangat tapi nggak panas, panasnya mirip samsung lah karena pakai plastik, tidak terasa amat. Terjadi terutama elo melakukan aktivitas abnormal seperti saat mengecharge lalu sambil torrent lalu main Iron Man.
- Keyboard bawaan Swift berprilaku aneh, kadang papan keyboardnya gak mau pop up tuh. Salah dimana ya, kurang tahu tapi keyboard bawaan Jellybean tiada masalah.
- Selalu mengirimkan SMS internasional jika Anda login Mi account. Bahaya juga tuh sedot pulsa meski ada warningnya terlebih dahulu.
- Gak ada NFC
- Posisi port micro USB terbalik, lalu kenapa? Ya gpp sih jadi sering kebalik aja waktu nyoloknya :)
- Pakai Mini Simcard, sementara Simcard ku sudah Micro SIM semua jadinya saya pakai tanpa Simcard, malas mau pergi tukar simcard
- Suara speaker kecil, di internet sih ada caranya membesarkan suara tapi malas lah, tetangga ribut lagi entar.
- GPSnya belum ada Glonass atau Beidou
.
Berikut penampakan foto Xiaomi Redmi Note: