TeknoPlace.Com - Axioo Bulan April lalu merilis Sebuah Tablet yang tak biasa pada kebanyakan seri tablet sebelumya.Axio merilis Seri Windroid Series dengan 3 type Yaitu Windroid 7 , Windroid 7G dan Windroid 8G. Seri Windroid 7 menggunakan Layar 7 inch dan OS Windows 8.1 dengan koneksi Wifi Only ( 16gb ) , Seri 7G Menggunakan Layar 7Inch dan Menggunakan Dual OS Windows 8.1+Android 4.4.4 dengan Koneksi 3G modem Built in ( 32gb ), Dan yang terakhir seri 8G sama dengan type 7G yg membedakan hanya dengan layar yg lebih besar yaitu 8 inch ( 32gb ). Komponen Hardware ke3 nya pun sama menggunakan Type Prosesor sama dan Ram sebesar 1gb.

Kali ini saya akan mengulas Seri Windroid 7 yaitu Wifi Only , Seri 8G review akan menyusul dikemudian hari. Windroid 7 ini menggunakan OS Windows 8.1 Original sehingga kemungkinan akan mendapatkan lisensi Windows 10 secara gratis. Microsoft memang menggratiskan OS Windows 8.1 ini khusus untuk tablet yg berukuran kurang dari 10 inch dipasaran ini dikarenakan untuk meningkatkan Windows OS 8.1 ini versi Layar Sentuh untuk meningkatkan Pangsa Pasar OS Windows 8.1 .Kita lihat seperti apa Tampilan Windroid 7 ini dari belakang.

Posisi Tombol Windroid 7 dari Belakang

Letak Tombol bisa dilihat dri belakang bahwa Power dan Volume berada di Sisi kanan , Sedangkan bagian atas ada Port Audio dan Micro USB yg berguna untuk Power Charge in dan menghubungkan perangkat melalui OTG device baik berupa fdisk , hp , modem dan aksesoris USB lainnya. Review Secara Per Bagian :
Cover
Secara keseluruhan Casing Cover berwarna Hitam Doff , untuk meletakkan harus berhati hati pasalnya mudah tergores . Untuk genggaman cukup nyaman untuk dipegang dan dibawa kemana mana. Casing ini keseluruhan dibuat dari plastik. 

Spesifikasi :

  • Intel Quadcore Baytrail 1.3Ghz Up To 1.8 Ghz - 2M cache
  • 7 inch IPS 1024*600 pixel
  • Memory 16GB
  • Internal Storage 16GB
  • External Up to 64gb MicroSdcard
  • Dual camera 2MP Back dan 0.3 MP Front Camera
  • Wifi , Bluetooth Connection
  • Windows 8.1 With Bing
  • Battery 2800Mah
  • Price Harga 1.299.000 Secara Resmi
Spesifikasi dan OS

Storage :

Setelah Buka Box Baru , Ternyata Sisa Memory Internal Storage hanya mampu menampung 5gb yg tersisa ini artinya anda tidak bisa menginstall Software secara banyak. karena terbatas penyimpanan dari 16gb menjadi 5Gb. Oh ya disarankan untuk menginstall Software gunakan saja versi Portable nya dan kemudian disimpan di SDcard UHS 1 Class 10 untuk menghemat ruang di SSD drive C ( internal Storage itu sendiri ). kl tidak menggunakan portable software dipastikan Ruang di Drive C akan habis .
Beberapa Aplikasi yang terinstall
Storage Tersisa 2,9GB setelah install beberapa Software dan Aplikasi

Tampilan UI Windows 8 :

Tampilan Windows 8 nya sangat terasa sekali , pertama Power On dihidupkan hanya butuh 5-6 detik untuk Booting ke Tampilan Home Metro UI Windows 8. Metro UI ini berisi Tiles Lives Khas Windows Phone 7 dan 8 juga bisa tempat berkumpulnya Aplikasi dan beberapa Berita Info MSN teupdate secara otomatis bila menghubungkan tablet ini ke internet. Asyiknya Tampilannya bisa dibuat Dual Screen tapi hanya terbatas di aplikasi tertentu saja. 
Karena Tidak Menggunakan Keyboard dan Mouse untuk berselancar di Windows ini maka akan kesulitan dalam hal mengetik secara cepat.Tombol Virtual Keyboard cukup enak untuk mengetik untuk menulis pendek tpi jika diperlukan anda dapat menghubungkan keyboard dengan USB ataupun Bluetooth.Begitupula dengan Mouse yg tidak terbiasa dengan layar sentuh di Tablet Windows maka akan kesulitan untuk mengeklik bila mempunyai jari2 yg besar, maka akan menyebabkan miss Touch pada menu di tablet Axioo ini. Anda dapat menginstall Virtual Touchpad di layar yg difungsikan sebagai Mouse ( lihat Gambar )

Tampilan Metro UI


Tampilan Windows Desktop

Tampilan Dual Screen

Tampilan UI Mode Portrait


Virtual Touchpad Mouse pada Kanan layar

OS dan Software :

OS Windows ini merupakan versi original sehingga anda tidak perlu kuatir dengan mempunyai Tablet Axioo ini anda juga mempunyai lisensi resmi Windows 8 ini untuk diupdate ke versi Windows 10 bila mana diperlukan. bayangkan untuk membeli Windows 8.1 Original bisa dibilang tidak murah. Harganya bisa mencapai 1.5 Juta rupiah bahkan lebih mahal dari Tabletnya itu sendiri. Windows 8 ini juga sudah dilengkapi Microsoft Office 365 secara resmi dan original Gratis selama 1 thn. memang Microsoft saat ni lagi gencar untuk menjual Office 65 ini secara berlangganan. Bila membeli terpisah Office 365 di banderol USD100 . hampir sama seperti harga Windows 8. artinya kita sama saja memiliki tablet ini secara gratis bukan

Oh ya sekedar untuk informasi karena ini tablet ber OS windows maka anda dapat menginstall Software atau aplikasi sama seperti di laptop , anda dapat menginstall Microsoft Office 2007 , Adobe Photoshop , Corel Draw , IDM dll sehingga kemampuannya sama layaknya laptop pada umumnya. namun tablet ini lebih di fokuskan untuk kerja ringan bukan untuk desain , bahkan ada beberapa teman di grup yg menggunakan Tablet Axioo ini untuk Studio Rekaman dengan bantuan Software Fruity Loops Studio .Luar biasa bukan...
OS Resmi Windows 8.1

Tampilan Microsoft Office 2007 Portable

Hardware :

Saya sangat salut dengan Axioo Tablet ini , meskipun harganya murah tidak melupakan komponen didalamnya. SSD atau Storage internal nya Menggunakan Samsung yg merupakan Produsen Semi konduktor Terbesar di Asia . Wifi Connectionnya menggunakan merk Broadcomm yg telah dikenal menguasai part Wifi ini 80%  dipakai oleh vendor2 lain. 
Processor sendiri Menggunakan Intel Baytrail Z3735G yang juga dipakai Tablet Windows vendor Vendor Kelas atas.Sensor juga menggunakan dari Vendor ternama yg membuat khusu untuk sensor yaitu STmicroelectronics. Sensor tersebut adalah sensor yg berfungsi sebagai accelerometer , yang membuat tablet otomatis menyesuaikan untuk dipakai mode Portrait dan Landscape. sensor ini juga berfungsi untuk bermain games Balap Mobil ataupun motor untuk berbelok kiri dan kanan dengan memiringkan tablet untuk berbelok ke kanan dan ke kiri juga.
SSD Made by Samsung

WAN dan WIFI Made By Broadcom
 Sensor

Camera :

Camera pada tablet ini hanya 2Mp bagian utamanya sedangkan 0.3 MP bagian belakangnya, jangan berharap banyak untuk kamera nya karena kamera disini hanya sebagai pelengkap dan jarang untuk digunakan. Kamera ini menjadi point minus yg perlu diperhatikan oleh Axioo meskipun tidak sepenuhnya kamera di tablet dipakai. karena saya yakin sebagian besar sudah mempunyai smartphone dengan kemampuan kamera yg menyamai kamera Digital pada umumya. Sedangkan Kamera depan hanya difungsikan saja sebagai untuk video Call dengan Skype atau aplikasi tertentu yg menawarkan video call lewat koneksi internet seperti juga Google Hangout. 


Kita berharap Axioo mau memperbaiki kinerja kamera nya untuk keperluan suatu saat nanti , meskipun sebagai aksesoris kamera digunakan pada waktu tertentu saat darurat misalnya kl battery di smartphone ini sedang habis. kita kembali ke harganya , dengan harga segitu Axioo lebih memperhatikan Kinerja Hardware dan Softwarenya , memang ini sangat wajar.

Performa :

Axioo Windroid Mengandalkan Ram sebesar 1gb untuk menopang semua kebutuhan aplikasi secara multitask , awalnya saya meragukan kemampuan Axioo Windroid 7 ini untuk menjalankan bebagai aplikasi dengan Ram sebesar 1gb, apakah bisa ram 1gb untuk menopang semua kebutuhan aplikasi dan software untuk saat ini mengigat software dan aplikasi saat ini serba canggih dan besar untuk kebutuhan sehari hari. Namun setelah mencoba Axioo ini beberapa hari saya sangat kaget dapat menjalankan aplikasi dan software berat semacam Adobe Photoshop CS3 sekalipun tanpa lag yg berarti. aplagi untuk dijalankan sambil mengetik di Office Word sangat ringan dan tidak mengalami gangguan sama sekali. Ram 1gb sya rasa cukup untuk menampung aplikasi pekerjaan secara ringan asal tidak menjalankan game berat yg kapasitasnya sampe 1/2gb lebih.

Task Manager

Axioo dan Windows 8.1 sangat sempurna untuk menjalankan aplikasi kebutuhan sehari hari , mungkin microsoft telah berhasil membuat pemrograman ulang sehingga Windows 8.1 mempunyai kinerja yg sangat ringan dan cocok dipakai untuk tablet dengan spesifikasi rendah.

Point Plus :

  • Harga Murah
  • Ringan
  • Sudah Termasuk Windows 8.1 ( selamanya ) dan Office 365 Gratis Selama 1 Thn
  • Kinerja Bagus
  • layar Sentuh nyaman dalam pengoperasian
  • Kecil 7 inch bisa dimasukkan dalam tas yg cukup kecil

Point Minus :

  • Kamera Dibawah Standart
  • Ram hanya 1 Gb
  • Cover Body Mudah tergores
  • Layar kecil dan kualitas layar dibawah standart  tapi masih nyaman dilihat untuk kerja ringan
  • Body Plastik
  • Tidak Disertakan keyboard Wireless Bluetooth

Kesimpulan :

Axioo Windroid 7 dengan harga 1.299.000 sangat layak untuk dimiliki bagi mereka yang suka mobile, bagi anda yg butuh akses ke proyektor LCD bisa juga anda tinggal membelikan Wireless display Miracast sehingga anda dapat menampilan tampilan tablet ke proyektor secara wireless tanpa kabel.Tablet ini sangat ringan dengan kinerja yang tinggi jadi anda akan sangat puas dengan kinerjanya.
Untuk yang tidak membutuhkan kamera yang bagus anda cukup memiliki ini , karena Tablet dengan Kinerja yg sangat memuaskan akan sangat mahal harganya seperti Brand Hp , samsung Ativ dan Acer. Performa kinerja Prosesor sangat bagus dan bersaing dengan Tablet ber merk internasional karena hampir smua vendor yg merilis tablet windows 8.1 menggunakan Intel Atom yg sama dengan versi di Axioo ini.

Poskan Komentar Blogger

 
Top